Rabu, 01 Agustus 2012

Belajar dari Hubungan Masa Lalu

Hubungan masa lalu tak hanya meninggalkan kenangan (baik dan buruk), namun juga pelajaran yang berharga. Berikut hal-hal yang bisa Anda pelajari:

1. Komunikasi yang baik

Hampir setiap masalah yang terjadi dalam sebuah hubungan berujung pada komunikasi yang tidak lancar. Hubungan masa lalu dapat membuat Anda belajar mengenai cara komunikasi yang tepat dengan pasangan sesuai dengan keadaan. Jangan sampai mengulangi kesalahan masa lalu yang akhirnya membuat hubungan bubar.

2. Menghargai
Anda mungkin salah bertingkah laku sehingga dulu, mantan pasangan Anda merasa tersinggung dan tidak dihargai. Kini Anda tentu telah mempelajari cara bersikap sehingga pasangan yang baru bisa merasa dihargai bukan?

3. Mencari seseorang yang memiliki tujuan yang sama
Penyebab lain dari bubarnya suatu hubungan adalah perbedaan tujuan hidup. Anda mungkin memiliki hobi yang sama, sifat yang hampir sama juga makanan favorit yang sama. Namun untuk urusan hidup, tujuan Anda berdua berbeda bahkan bertolak belakang. Hal tersebut tak akan membuat hubungan menjadi langgeng. Untuk itu, carilah orang yang memiliki tujuan yang sama, bukan sekadar orang yang memiliki hobi dan sifat yang sama.

4. Belajar ikhlas
Kehilangan dengan sendirinya membuat kita belajar ikhlas dan menerima. Ikhlas bahwa mantan kekasih memang bukan jodoh kita. Menerima bahwa kita bukan orang yang sempurna dan masih butuh perbaikan diri, dan sebagainya.

5. Kita tak selalu bisa memaksakan kehendak
Ini juga merupakan pelajaran yang berharga dari sebuah hubungan yang gagal. Kita tak akan pernah bisa memaksakan dan mengubah orang yang kita cintai menjadi sosok yang kita idamkan. Tak ada orang yang sempurna. Sebuah hubungan juga harus didasarkan atas toleransi, bukan sikap memaksakan kehendak dari satu pihak saja.

6. Berbagi
Tak ingin berbagi juga sering menjadi masalah dalam sebuah hubungan. Bukan masalah materi. Mungkin saja di hubungan yang dulu, Anda dan pasangan tak pernah berbagi cerita mengenai masalah yang menimpa, berbagi mimpi, dan sebagainya. Untuk apa memiliki pasangan jika Anda masih harus menanggung beban dunia sendirian. Di hubungan yang baru, bukalah hati Anda lebih lapang pada pasangan, sehingga Anda dan dia bisa saling berbagi.

Jangan sampai kesalahan-kesalahan yang dulu Anda lakukan terus berulang sehingga menjadi duri dalam hubungan yang baru. Jadilah orang yang lebih baik dari sebelumnya.

Selamat berbahagia!

0 komentar:

Posting Komentar